Review Jurnal MSDM

Review Jurnal

Judul

Pengaruh Pengembangan Karir, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Air Manado

Jurnal

MSDM

Volume & Halaman

Volume 6 hal 341-350

Tahun

2018

Penulis

Abraham Samuel Kaengke, Bernhard Tewal, Yantje Uhing

Reviewer

Afrilla Marsela

Tanggal

09 Juni 2019

Tujuan Penelitian

Sumber daya manusia yang  berkualitas  dalam organisasi atau perusahaan sangat penting dan dibutuhkan pada era globalisasi saat ini. Setiap organisasi akan berkompetisi guna merebut posisi unggul dalam perekonomian. Hal ini bisa dicapai bila organisasi dapat menciptakan suasana kerja yang  memungkinkan sumber daya manusianya berkinerja baik. Kinerja sumber daya manusia dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah pengembangan karir, pelatihan dan motivasi. Penelitian ini mengkaji kinerja karyawan PT.Air Manado yang dikaitkan dengan pengembangan karir, pelatihan dan motivasi. Hal ini penting dalam upaya memperbaiki sistem pengelolaan perusahaan karena masih banyaknya keluhan masyarakat terhadap pelayanan karyawannya.

Subjek Penelitian

Karyawan PT Air Manado

Metode Penelitian

Data ini merupakan data primer. Data penelitian ini diperoleh dari angket/kuisioner yang disebarkan kepada responden untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan variabel penelitian yaitu pengembangan karir, pelatihan, motivasi dan kinerja karyawan . Data diambil langsung dari karyawan PT Air Manado.

Langkah - Langkah  Penelitian

Penelitian ini menggunakan sampel yang diambil dari 100 responden. Teknik yang digunakan adalah teknik sampling kebetulan (Accidental Sampling). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang telah disebarkan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan variabel penelitian yaitu pengembangan karir, pelatihan, motivasi, kinerja karyawan. Adapun alat ukur yang digunakan adalah Five Point Likert untuk mengukur sikap, pendapat, persepsi seseorang tentang fenomena sosial. Kemudian metode yang digunakan selanjutnya adalah metode analisis yakni uji validitas untuk mengukur sah/valid tidaknya kuisioner, analisis regeresi linier berganda untuk mengestimasi rata-rata populasi/nilai variabel dependen berdasarkan variabel independen yang diketahui, serta uji hipotesis yaitu uji F dan Uji T.

Hasil Penelitian

Adapun hasil dari penelitian ini adalah pengembangan karir, pelatihan dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT Air Manado. Selain itu, pengembangan karir secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan, pelatihan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT Air Manado. Sehingga  Pimpinan PT.Air perlu memperhatikan pengembangan karir karyawannya agar mereka bisa berkinerja baik, meningkatkan standar pelatihan yang diberikan agar supaya bisa memperoleh karyawan yang mempunyai skill yang baik dan dapat memberikan kinerja yang baik untuk perusahaan, serta pimpinan harus memperhatikan lingkungan sekitar tempat bekerja, contohnya dalam hal menangani banjir yang sering terjadi dilokasi tersebut, karena karyawan akan nyaman bekerja jika suasana lingkungan tempat bekerja itu baik.

Kekuatan Penelitian

Jurnal ini menyajikan hasil penelitian yang menyampaikan informasi jelas dan lengkap.

Kelemahan Penelitian

    -

Saran Reviewer

    -

 

Judul

PENGARUH KEPUASAN KERJA, KEADILAN PROSEDURAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Industri Rotan Sekecamatan Leuwimunding Majalengka)

Jurnal

Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi

Volume & Halaman

Vol. 4 Nomor 2

Tahun

Tahun 2017

Penulis

H. ASEP QUSTOLANI

Reviewer

Afrilla Marsela

Tanggal

09 Juni 2019

Tujuan Penelitian

Pada tahun 2013 perusahan industri rotan di Kecamatan Leuwimunding mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini dapat di lihat dari adanya beberapa produk baru yang muncul yang diinginkan oleh customer (pembeli). Namun seiring berjalannya waktu kemajuan perusahaan industri rotan yang berada di Kecamatan Leuwimunding tersebut mengalami kemunduran. Hal itu dapat dilihat dari adanya produk-produk yang hilang dari daftar orderan perusahaan, salah satunya yaitu produk Nampan yang terbuat dari rotan dan triplek dan kap lampu. Menurut narasumber yang berada di kedua perusahaan tersebut, permasalahan ini terjadi diakibatkan oleh beberapa faktor yang salah satunya yaitu kepuasan kerja, keadilan prosedural dan kompensasi yang mengakibatkan kinerja karyawan menurun drastis. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis apakah kepuasan kerja, keadilan prosedural dan kompensasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Industri Rotan se-Kecamatan Leuwimunding.

Subjek Penelitian

Karyawan tetap industri rotan sekecamatan Leuwimunding yakni karyawan tetap CV. Karya Mandiri dan CV. Sumber Alam

Metode Penelitian

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif verifikatif. Deskriptif adalah suatu rumusan masalah yang berkenaan dengan pertanyaan terhadap keberadaan variabel mandiri, baik hanya pada satu variabel atau lebih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena menyajikan gambaran secara terstruktur. Sedangkan analisis verifikatif bertujuan untuk menguji nilai hipotesis suatu variabel, melalui variabel ini dapat di ketahui pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya.

Langkah - Langkah Penelitian

Populasi di dalam penelitian ini adalah karyawan tetap industri rotan sekecamatan Leuwimunding yang semuanya di ambil sebagai responden berjumlah 57 orang yang terdiri dari karyawan tetap CV. Karya Mandiri dan CV. Sumber Alam, dengan rincian karyawan CV. Karya Mandiri yang berjumlah 27 orang dan Karyawan CV.Sumber Alam yang berjumlah 30 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini yang di gunakan adalah sampel jenuh (Nonprobability Sampling).    Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini di lakukan dengan metode statistik korelasi produk moment. Data yang di gunakan oleh peneliti adalah data yang di buat dalam bentuk kuesioner tertutup, yang semua penggunaan metodenya menggunakan bantuan program SPSS 21.

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian bahwa kepuasan kerja, keadilan prosedural dan kompensasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada industri rotan sekecamatan Leuwimunding. Sehingga perusahaan dalam hal ini harus berupaya memberikan kreatifitas lagi agar pekerjaan yang menjadi lebih mudah untuk di kerjakan serta meningkatkan kembali pengawasan yang selama ini diterapkan, perusahaan juga harus berupaya memberlakukan dan menerapkan keadilan prosedural sebaik mungkin tanpa ada kecemburuan dari salah satu pihak karyawan, serta perusahaan harus berupaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas/kuantitas kompensasi yang selama ini ditetapkan. Hal ini dapat di simpulkan bahwa kinerja karyawan pada industri rotan sekecamatan Leuwimunding di pengaruhi oleh kepuasan kerja, keadilan prosedural dan kompensasi yang di terapkan di dalam perusahaan tersebut.

Kekuatan Penelitian

Jurnal ini menyampaikan informasi yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Kelemahan Penelitian

Terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan kata dalam segi ejaan.

Saran Reviewer

Penulisan jurnal berikutnya diharapkan lebih baik dari saat ini, lebih diperhatikan lagi penulisan ejaannya.

Judul

INFLUENCE OF COMPETENCE, TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP, SOCIAL CAPITAL AND PERFORMANCE ON EMPLOYEE CAREERS

Jurnal

International Journal of  Human Capital Management

Volume & Halaman

Vol. 1, No.2 , p 81-94

Tahun

2017

Penulis

Nia Kusuma Wardhani

Reviewer

Afrilla Marsela

Tanggal

09 Juni 2019

Tujuan Penelitian

As the organization grows and develops in the dynamics of globalization, the need for quality human resources increases. Employee is a valuable asset for the University of Mercu Buana, so should be increased competence and productivity in order to perform well. In addition, it is necessary to support management to improve employee career.  This study aims to examine the influence of Competence, Transformational Leadership, Social Capital and Performance to Career Employees.

Subjek Penelitian

 185 employees of Mercu Buana University

Metode Penelitian

Quantitative research with Path Analysis method. This research was conducted at Mercu Buana University in West Jakarta area, the research sample was 185 employees using Simple Random Sampling method. For analytical purposes, quantified data in the form of numbers or scores with Likert scale will be answered by the respondent to test the hypothesis. The sampling technique used is Simple Random Sampling.

Langkah - Langkah Penelitian

At the trial stage the instrument was taken 30 respondents. Test the validity of research instrument instrument aims to see the description of the validity of each research instrument instrument using Pearson Product Moment Correlation Test. In this research, Galat Normality Test using Liliefors Method. A normality test is used to determine whether sample data has been drawn from a normally distributed population  Linearity test and regression significance is done by using SPSS software version 21 from SPSS output. The linearity test of the regression equation is determined based on the ANOVA Table where the relationship between variables meets the linear assumption if the Deviation From Linierity value Fcount <Ftable and the value of p-value> 0.05 then the regression equation is linear.

Hasil Penelitian

Competence has a direct positive effect on the Employee Career. Employees pro-active need to improve their competence by doing self-development and skills.Because of the educational level it is a condition for getting promoted in their work. Performance has a direct positive effect on the Employee Career. Social Capital has a direct positive effect on the Employee Career. Competence has a positive direct effect on Performance.If the employee wants to have high performance then it is necessary to improve the Competency both hardskill and softskill. Transformational leadership has a direct positive effect on Performance. Leaders regularly evaluate existing procedures and even internal audit per 3 months as a management controlling function. Social Capital has a direct positive effect on Performance. Employees can utilize the social capital they have to share their knowledge through personal interaction and teamwork by building positive communication.

Kekuatan Penelitian

Jurnal ini memberikan informasi yang cukup jelas.

Kelemahan Penelitian

   -

Saran Reviewer

Penulisan jurnal berikutnya diharapkan lebih baik lagi.

 

 

 

Daftar Pustaka

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/19099/18657

https://jurnal.unma.ac.id/index.php/mk/article/download/737/681

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijhcm/article/download/4760/3561/

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Mapping

Komunikasi Organisasi