Mind Mapping

Tugas Mind Mapping

Disusun oleh :
Afrilla Marsela 1721200049
Dosen Pembimbing :
Charisma Ayu Pramuditha, BTM., M.HRM

Pendahuluan

Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan. Metode ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1974 oleh Tony Buzan yaitu seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris.

Mind Mapping dapat pula diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep permasalahan tertentu dari cabang sel saraf membentuk kolerasi konsep menuju suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga, tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung cara kerja koneksi di dalam otak.

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli :

Tony Buzan (2008:4)
Menurut Tony Buzan, Mind Mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind Mapping mengembangkan cara berpikir divergen dan kreatif . Mind Mapping juga disebut juga dengan peta konsep merupakan alat berpikir organisasional yang sangat hebat, ini juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi dalam otak dan mengambil informasi itu saat dibutuh. Mind Mapping dapat membantu dalam berbagai hal seperti merencanakan, berkomunikasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, mengingat dengan baik, belajar lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.

Caroline Edward (2009:64)
Menurut Caroline Edward, Mind Mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak kita, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia.

Melvin L. Silberman(2005:177)
Menurut Melvin L. Silberman, Mind Mapping adalah h cara kreatif bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran atau merencanakan penelitian baru.

Bobby De Porter
Menurut Bobby De Porter, Mind Mapping (Peta Pikir) adalah pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnyauntuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak.

Manfaat Mind Mapping
Berikut ini, beberapa manfaat metode pencatatan menggunakan mind mapping:
1. Tema utama terdefinisi dengan sangat jelas karena dinyatakan ditengah
2. Level keutamaan informasi teridentifikasi dengan baik. Informasi yang memiliki kadar kepentingan lebih diletakkan dengan tema utama
3. Hubungan masing-masing informasi dengan mudah dapat dikenali
4. Informasi baru dapat segera digabungkan tanpa merusak keseluruhan struktur mind mapping sehingga dapat mempermudah pengingatan
5. Masing-masing mind mapping sangat unik sehingga mempermudah proses pengingatan
6. Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci

Cara Membuat Mind Mapping
Berikut beberapa hal yang penting dalam membuat peta pikiran:
1. Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah.
2. Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
3. Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol
4. Gunakan huruf besar
5. Buat peta pikiran dikertas polos dan dihilangkan proses edit
6. Sisakan tuang untuk penambahan tema

Jenis-Jenis Mind Mapping
Berikut beberapa jenis mind mapping, diantaranya:

1. Mind Map Silabus
Mind Map Silabus atau mind map makro adalah jenis mind mapping yang membantu memberikan gambaran tentang apoa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibuat dengan ukuran besar dan ditempel di dinding.
2. Mind Map Bab
Mind mapping ini dibuat berdasarkan masing-masing bab yang telah dipelajari, namun harus diringkas poin penting atau garus besarnya saja untuk mudah mengingatnya
3. Mind Map Paragraf
Jenis mind map ini dapat memberikan informasi secara lengkap karena selain bisa melihat ringkasan setiap bab, bisa juga mengetahui ringkasan penjelasan. Berikut contoh mind map paragraf. Mind map ini dapat dibuat di buku teks kecil.

Pembahasan




Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.
Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.
Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Di antarawarna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.
Bunga menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar. Spesies dengan bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kedatangan lebah atau serangga lain yang membantu penyerbukan sehingga cenderung menghasilkan lebih banyak buah. Mawar hasil pemuliaan menghasilkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Sebagian buah mawar berwarna merah dengan beberapa perkecualian seperti Rosa pimpinellifolia yang menghasilkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

Pada beberapa spesies seperti Rosa canina dan Rosa rugosa menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya. Buah rose hips disukai burung pemakan buah yang membantu penyebaran biji mawar bersama kotoran yang dikeluarkan. Beberapa jenis burung seperti burung Finch juga memakan biji-biji mawar.
Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan (grafting) dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis.Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai bunga mawar, berikut adalah mind mapping dari bunga mawar tersebut :



Dari bunga mawar terurai beberapa sub ide, diantaranya : hiasan, kebun, pesta, toko bunga dan pribadi.
Dari sub ide tersebut dapat dikembangkan kembali menjadi :
1. Hiasan , yaitu pajangan dinding, bunga di vas, karangan bunga, hadiah untuk ulang tahun ataupun saat valentine dan aksesoris.
Bunga mawar dapat dijadikan aksesoris misalnya : membuat bentuk imitasi bunga mawar menjadi cincin, gelang, kalung, anting, dll. Selain itu bunga mawar asli dapat dijadikan aksesoris rambut yang dapat digunakan saat pernikahan. Bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai bando jika dirangkai.
Di tangan orang yang kreatif, bunga mawar dapat dijadikan menjadi pajangan dinding yang dapat memperindah ruangan.

2. Kebun, yaitu objek wisata, taman pribadi, perkebunan dan resto.
Perkebunan bunga mawar dapat dijadikan sebagai objek wisata yang dapat menarik banyak wisatawan, karena bunga mawar adalah bunga yang indah. Selain itu, banyak juga orang yang menyukai bunga mawar sehingga membuat mereka menanam sendiri tanaman berduri ini untuk kesenangan pribadi (hobi). Perkebunan bunga mawar juga dapat memberi penghasilan kepada masyarakat, seperti yang telah diketahui kalau bunga mawar dapat dijadikan sebagai parfum, minuman, dll. Resto dengan tema bunga mawar juga tentu sangat menarik.

3. Pesta, yaitu pernikahan, khitanan, ulang tahun dan 7 bulanan. Semuanya memerlukan bunga mawar sebagai dekorasi ruangan ataupun bunga mawar dapat juga dijadikan sebagai bouqet.

4. Toko bunga, yaitu bunga yang diawetkan atau yang tidak diawetkan dan dapat dijadikan sebagai bouqet atau karangan bunga.

5. Pribadi, yaitu objek lukisan, kolektor, aksesoris dan perawatan kecantikan.
Bunga mawar memang sudah biasa dijadikan sebagai objek lukisan karena keindahan warnanya. Bagi para kolektor juga mereka akan mengoleksi berbagai bunga yang diawetkan ataupun tidak diawetkan dengan berbagai warna. Bahkan bagi para ilmuwan, mereka akan melakukan perkawinan silang antar tanaman mawar untuk mendapat warna mahkota yang sangat menakjubkan. Selain itu, beberapa orang juga akan menggunakan bunga mawar saat mandi untuk mendapat keharuman dan minyak atsiri dari bunga mawar juga baik untuk wajah.

Penutup

Kesimpulan :

Bunga mawar adalah tanaman indah yang memiliki banyak manfaat, diantaranya selain dapat dijadikan sebagai hiasan juga dapat dijadikan sebagai parfum, minuman, ide untuk seorang pebisnis, dll.

Selain itu, mind mapping dapat membantu orang-orang untuk merumuskan ide-ide mereka menjadi lebih spesifik.

Daftar Pustaka :


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mawar

https://www.pelajaran.id/2018/11/pengertian-mind-mapping-manfaat-jenis-cara-membuat-kelebihan-dan-kekurangan-mind-mapping-lengkap.html




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Jurnal MSDM

Komunikasi Organisasi