Laporan Penjualan

TUGAS PRAKTEK BISNIS
Laporan Penjualan Wadah Tisu Multifungsi dan Notes Dinding



Disusun oleh :
Chyntia Monica 1721200027
Siska 1721200037
Afrilla Marsela  1721200049
Roma Frima Ully 1721200501
Kurnia Akbar 1721200071

Guru Pembimbing : Charisma Ayu Pramuditha BTM., M.HRM

PROGRAM MANAJEMEN S1
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
2019



KATA PENGANTAR

Segala puji syukur atas berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, karena tanpa berkat dan rahmat-Nya, kami tidak akan dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu Charisma selaku dosen dengan mata kuliah Praktek Bisnis yang membimbing kami dalam mengerjakan tugas ini.

Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran demi tercapainya makalah yang sempurna dimasa mendatang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan dijadikan sumber dalam kegiatan belajar.




Palembang, 10 Juni 2019


Penulis





Daftar Isi

Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
1.4 Manfaat Penulisan
Bab II Pembahasan
2.1 Segmentasi, Targetting dan Positioning
2.2 Proses Produksi
2.3 Proses Penjualan
Bab III Penutup
3.1 Kesimpulan
2.2 Saran
Daftar Pustaka




Bab I 
Pendahuluan


1.1 Latar Belakang

Menurut Philip Kotler yang terjemahkan oleh Ronny A. Rusli dan Hendra dalam buku Manajemen Pemasaran pengertian penjualan ialah proses sosial manaherial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain, (2000:8).

Dalam menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi customer, maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas untuk memenuhi mata kuliah praktek bisnis ini, kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mandapatkan pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi kami untuk masa yang akan datang. Saat ini usaha yang kami jalankan adalah mencoba menawarkan produk wadah tissue dan notes dinding melalui penjualan online maupun offline.

Tujuan usaha ini bukan hanya mencari profit semata, melainkan juga mencari penekanan kepada pengalaman sebuah proses wirausaha karena melalui pemasaran dan penjualan ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberi penjelasan dan pelayanan terbaik agar customer merasa puas.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, berikut adalah rumusan masalahnya, yaitu :

1. Apakah yang dimaksud dengan segmentasi, targetting dan positioning ?
2. Bagaimanakah segmentasi, targetting dan positioning dari produk kami ?
3. Apakah yang dimaksud dengan proses produksi  ?
4. Apakah yang dimaksud dengan proses penjualan ?
5. Bagaimanakah cara yang kami lakukan untuk menjual produk ?
6. Berapa rincian biaya yang kami butuhkan untuk membuat produk dan berapa banyak produk yang telah terjual ?

1.3 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah menyelesaikan tugas Praktek Bisnis mengenai Laporan Penjualan Produk Wadah Tissue Multifungsi dan Notes Dinding yang memberikan pengetahuan kepada kami maupun pembaca mengenai penjualan produk yang telah kami lakukan selama kurang lebih dua bulan terakhir.

1.4 Manfaat Penulisan

Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah :
1. Untuk menambah wawasan mengenai pengertian dari segmentasi, targetting dan positioning.
2. Untuk memberi pengetahuan kepada pembaca mengenai segmentasi, targetting dan positioning dari produk yang dijual.
3. Untuk menambah wawasan mengenai pengertian dari proses produksi dan penjualan.
4. Untuk menambah wawasan mengenai cara menjual produk sekaligus berapa biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal dan pendapatan yang dihasilkan.


Bab II 
Pembahasan


2.1 Segmentasi, Targetting dan Positioning

A. Segmentasi

Menurut Kotler dan Armstrong yang dialih bahasakan oleh Bob Sabran (2008:225), segmentasi pasar ialah membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran tersendiri.

Adapun dasar segmentasi pasar yaitu sebagai berikut :
1. Segmentasi Geografi, yang terdiri dari pembagian daerah waktu, ukuran kota, pendapatan daerah, iklim daerah, desa, pegunungan dan pantai.
2. Segmentasi Demografis, yang terdiri dari umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, pendidikan, kelas sosial, keturunan/suku bangsa dan agama
3. Segmentasi Psikografis, yang terdiri dari kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian.
4. Segmentasi Perilaku, yang terdiri dari orang dengan perasaan terpaksa, orang yang selalu terpengaruh pendapat orang lain, orang yang tidak langsung bereaksi, orang yang selalu mengharapkan hasil yang baik dan orang dalam kelompok yang menentukan seoramg pemimpin sedangkan yang lain menjadi pengikut.
5. Segmentasi Sosial Budaya, yang terdiri dari siklus hidup keluarga, kelas sosial, budaya, subbudaya dan lintas budaya.
6. Segmentasi Terkait Pemakaian.
7. Segmentasi Situasi Pemakaian.
8. Segmentasi Manfaat.
9. Pendekatan Segmentasi Gabungan.

Berdasarkan pengertian dan pembagian beberapa segmentasi diatas, produk kami diperkenalkan dengan menggunakan segmentasi demografi dan geografi.

B. Targetting

Setelah mengevaluasi segmen yang berbeda, perusahaan harus memutuskan jenis dan berapa banyak segmen yang akan menjadi sasarannya. Targeting dibuat untuk menetapkan target konsumen yang menjadi sasaran, berapa nilai yang akan dicapai, berapa besar jumlah yang ingin diraih.

Menurut Wijayanti (2012:37) targeting merupakan kegiatan menilai dan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Targeting ini bertujuan untuk mempermudah mencapai segmen yang ingin diraih atau dipilih dan memberikan kepuasan yang lebih kepada konsumen.

Setelah mengetahui pengertian dari targetting diatas, kami telah menetapkan bahwa target dari penjualan produk kami adalah masyarakat sekitar rumah dan teman-teman.

C. Positioning

Menurut Kotler dan Armstrong (2008:247) yang dialihbahasakan oleh Bob Sabran, definisi positioning adalah cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan atribut penting/tempat dimana produk berada dalam pikiran konsumen dibandingnya produk pesaing.

Adapun tujuan Positioning Menurut Ali Hasan (2008:201) adalah sebagai berikut : 
1. Untuk menempatkan atau memposisikan produk di pasar sehingga produk tersebut terpisah atau berbeda dengan merek-merek yang bersaing. 
2. Untuk memosisikan produk sehingga dapat menyampaikan beberapa hal pokok kepada para pelanggan. 
3. Untuk mencapai hasil yang diharapkan: 
- Pemenuhan sejauh mungkin kebutuhan segmen-segmen pasar yang spesifik.
- Meminimumkan atau membatasi kemungkinan terjadinya perubahan yang mendadak dalam penjualan. 
- Menciptakan keyakinan pelanggan terhadap merek-merek yang ditawarkan.

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari positioning, berikut adalah positioning dari produk kami yaitu Wadah tissue dan notes merupakan produk multifungsi sehingga kami menempatkan produk kami sebagai produk multiguna digemari jaman now.

2.2 Proses Produksi

Proses produksi adalah suatu kegiatan yang menggabungkan berbagai faktor produksi yang ada dalam upaya menciptakan suatu produk, baik itu barang atau jasa yang memiliki manfaat bagi konsumen.

Berikut adalah bahan beserta rincian biaya yang kami gunakan/keluarkan selama proses produksi:
Bahan:
Kain flanel 3 lembar x @Rp 9.000 Rp. 27.000
Lem tembak                                   Rp. 4.000
Notes kecil 6                                   Rp. 54.000
Kain motif 1 meter Rp. 20.000
Benang                                            Rp. 2.000
Karton padi Rp. 5.000

Packaging:
Pita                                                  Rp. 8.000
Kertas kopi                                    Rp. 2.000
Plastik parsel                                  Rp. 2.000
Printing ucapan terima kasih
3x@Rp. 2.000                                     Rp. 6.000
Total Pengeluaran                        Rp. 130.000

Dikarenakan adanya penambahan dalam proses produksi menyebabkan biaya bahan bertambah yakni :
Bahan:
Kain Flanel 1 lembar x @Rp. 9.000 Rp. 9.000
Lem tembak                                    Rp. 4.000
Sehingga Total Pengeluaran menjadi  RP. 143.000


2.3 Proses Penjualan

Menurut Moekijat Dalam Buku Kamus Istilah Ekonomi yang menyatakan bahwa selling, penjualan ialah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi dan memberikan petunjuk agar pembeli dapat menyesuaikan kebutuhannnya dengan produk yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan bagi kedua belah pihak (2000:488).

Proses penjualan yang kami lakukan yaitu dengan mempromosikan langsung kepada customer, mendatangi orang yang kami kenal  juga dengan cara online.

Dengan melakukan tahap- tahap diatas kami berusaha membujuk customer agar tertarik pada produk kami sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian dan transaksi. 

Bahkan tidak sedikit juga saat kami melakukan sosialisasi produk, customer langsung membelinya. Kebanyakan dari customer kami adalah mahasiswa/i dan juga orang- orang yang ada di lingkungan rumah kami karena harganya yang terjangkau. Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara mempromosikan langsung kepada customer, mendatangi orang yang biasanya kami kenal  juga dengan cara online.

Dengan melakukan tahap- tahap diatas kami berusaha membujuk customer agar tertarik pada produk kami sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian dan transaksi. 

Bahkan tidak sedikit juga saat kami melakukan sosialisasi produk, customer langsung membelinya. Kebanyakan dari customer kami adalah mahasiswa/i juga orang- orang yang ada di lingkungan rumah kami karena harganya yang terjangkau dan adanya promosi.

Berikut adalah rincian dari penjualan produk :
5 wadah tissue x @Rp. 15.000 Rp. 75.000
2 wadah tissue x @Rp. 13.000 Rp. 26.000
3 wadah tissue x @Rp. 12.000 Rp. 36.000
3 notes x @Rp. 15.000 Rp. 45.000
       Total Penjualan                  Rp. 182.000


Bab III
Penutup


3.1 Kesimpulan

Dari kegiatan yang kami lakukan adalah bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Karena kita bisa secara langsung merasakan bagaimana cara menawarkan dan menjual produk kepada orang lain. Pengalaman ini bisa menjadi dasar ketika nanti kami akan membuka suatu usaha. Asal ada kemauan dan keinginan untuk berusaha pasti kita bisa melakukannya.

3.2 Saran

Saran yang ingin kami sampaikan yaitu semoga dalam perkuliahan PRAKTEK BISNIS selanjutnya, kegiatan praktek lapangan ini tetap bisa dilaksanakan dan lebih ditingkatkan. Karena kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat, agar mahasiswa memiliki bekal pengalaman ketika ingin terjun langsung di dunia bisnis



Daftar Pustaka

https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/proses-produksi.html
https://www.gurupendidikan.co.id/8-pengertian-penjualan-menurut-para-ahli-beserta-jenisnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Mapping

Review Jurnal MSDM

Komunikasi Organisasi