Laporan Fieldtrip

Laporan Fieldtrip 2019


Disusun oleh :

Chyntia Monica I. 1721200027
Siska   1721200037
Afrilla Marsela 1721200049
Roma Frima Ully S. 1721200501
Kurnia Akbar 17212000

Guru Pembimbing : Charisma Ayu Pramuditha, BTM., M.HRM

PROGRAM MANAJEMEN S1
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
 2019



I. Pendahuluan

Fieldtrip adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i untuk mengunjungi suatu daerah/kota/negara yang memiliki kawasan industri  dan tempat wisata untuk belajar sekaligus berkarya wisata. Fieldrip menjadi agenda tahunan yang merupakan bagian dari mata kuliah Praktek Bisnis, yakni mata kuliah prasyarat. Setiap tahun STIE MDP selalu menyusun rencana untuk mengadakan fieldtrip ke beberapa daerah. Kegiatan fieldtrip tahun ini dilaksanakan di tiga kota besar Indonesia, yakni Jakarta-Bogor-Bandung selama 4 hari 3 malam pada tanggal 1-4 April 2019.


II. Pembahasan

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 1-4 April 2019 adalah  sebagai berikut :

1. Kunjungan Hari Pertama (1 April 2019)

A. Smesco

Smesco menyediakan sarana dan fasilitas pameran bagi KUKM- Mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulan Indonesia ke luar negeri melalui kegiatan Trading House- Melaksanakan kegiatan pelatihan bagi KUKM- Menampilkan produk-produk unggulan KUKM Indonesia di dalam gerai ritel UKM GALLERY- Sebagai pengelola gedung SMESCO INDONESIA yang menyewakan sebagian ruangan untuk area komersial seperti perkantoran dan sarana pendukung lainnya seperti Bank, ATM, Money Changer, Travel Agent, Mini Market, Restoran dan cafe.

Visi  :  Menjadi institusi profesional berskala internasional di bidang pemasaran produk - produk Koperasi dan UKM Indonesia yang mampu menjadikan SMESCO INDONESIA sebagai ikon pemberdayaan dan ikon industri kreatif KUKM.

Misi   :  Menjadi lembaga dengan layanan profesional yang memfasilitasi mitra usaha untuk menghasilkan produk-produk unggulan kelas dunia yang berkualitas tinggi dan mempromosikan Indonesia kepada mitra usaha lokal maupun internasional.

Di Smesco mahasiswa/i diperlihatkan berbagai produk/kerajinan unik anak bangsa dari seluruh Indonesia yang sudah seharusnya dilestarikan serta dipromosikan sehingga bisa terkenal sampai ke mancanegara.

B. Bursa Efek Indonesia (BEI) atau IDX

Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka.

Bursa Efek Indonesia juga memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan perusahaan. Visi Bursa Efek Indonesia adalah untuk menjadi bursa yang kompetitif dengan kredibilitas tingkat dunia, dengan misi yaitu menyediakan infrastruktur untuk mendukung terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta mudah diakses oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholders).

Kunjungan di BEI menambah pengetahuan yang lebih luas mengenai saham dan betapa pentingnya menabung saham.

C. Thamrin City

Thamrin City atau Thamrin City Mall merupakan pusat perbelanjaan besar yang berada di Jakarta Pusat berlokasi di Jl. Thamrin Boulevard (d/h Kebon Kacang Raya) dengan akses berbagai arah antara lain dari Jl. Thamrin, Jl. Teluk Betung, maupun dari Jl. KH. Mas Mansyur.
Thamrin City merupakan super blok yang sudah dilengkapi dengan 9 tower Apartment, Town house, Hotel amaris, Perkantoran (PBTC), dan Exhibition Hall yang berada di pusat Jakarta.

Thamrin City memiliki banyak fasilitas seperti Bank, ATM, Mesjid, Jaringan telepon tiap kios, 2 lantai Foodcourt, 98 unit eskalator,17 unit lift penumpang, 8 unit lift barang dan 8 unit travelator di lokasi pusat perdagangan dan bisnis terdiri dari 11 lantai yang didalamnya tedapat 7 lantai pusat perbelenjaan, 2 laniti pusat perkantoran serta 4 lantai gedung parkir yang mempunyai kapasitas parkir 6000 an mobil dan 3000 an motor. Dan juga terdapat beberapa pusat/ zona seperti : Pusat Batik Nusantara, pasar Tasik khusus pada hari Senin dan Kamis mulai beroperasi Pk.04:00, Pusat Busana Muslim, Oleh-oleh Haji,Celluler Zone, Handy Craft, Perkantoran, Tempat Kuliner dll.

Disini mahasiswa/i berkunjung sekaligus membuat survey mengenai perbandingan harga produk yang dijual antara kota asal kami dengan kota Jakarta.

2. Kunjungan Hari Kedua (2 April 2019)

A. Bantex ( PT Batara Indah )

Bantex adalah merek office stationery products yang pertama kali dikembangkan di Copenhagen, Denmark pada tahun 1961 dan merupakan perusahaan pertama yang memproduksi produk ramah lingkungan di dunia. Sejak itu, Bantex menjadi sebuah merek peralatan kantor yang sangat terkenal di Eropa dan telah memberikan lisensi untuk mendistribusi dan memproduksi produk - produk dengan merek bantex kepada distributor yang berada lebih dari 70 negara di dunia termasuk di Indonesia.

Bantex yang terkenal dengan filing products atau produk produk untuk menyimpan file dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau telah mengembangkan pasarnya hingga ke segmen yang lebih luas lagi. Saat ini, Bantex telah memiliki ribuan macam produk yang mencakup Office Stationery, School, Professional dan Private Consumer.

Kunjungan di Bantex menambah wawasan mengenai pemrosesan di pabrik yang membuat kertas serta alat tulis lainnya.

B. Pocari Sweat ( PT Amerta Indah Otsuka )

Pocari Sweat (ポカリスエット Pokari Suetto) merupakan salah satu minuman ringan dan minuman olahraga terpopuler di Jepang, diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Minuman ini pertama kali dijual pada tahun 1980. Di luar Jepang juga dijual pada daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.
Bagian pertama dari nama, Pocari, tidak memiliki arti apa pun; kata itu diciptakan untuk perkataan yang jelas. Kata "sweat" (keringat) dapat berarti cairan tubuh yang dihasilkan dari keringat, dalam bentuk makanan cenderung memiliki rasa humor tertentu dengan penempatan tertutup atau konotasi untuk penutur asli bahasa Inggris. Namun, nama yang telah dipilih oleh produsen awalnya untuk tujuan pemasaran produk sebagai minuman olahraga di Jepang, di mana masyarakat pada umumnya tidak mementingkan penerjemahan nama-nama yang muncul dalam bahasa Inggris dan karenanya tidak terganggu oleh konotasinya sendiri. Hal ini sebagian besar berasal dari gagasan tentang apa yang dimaksudkan untuk memasok ke peminum: semua nutrisi dan elektrolit hilang ketika berkeringat.
Pocari Sweat mempunyai rasa ringan, relatif ringan, tidak berkarbonat dan diiklankan sebagai "minuman pengganti ion dalam tubuh". Memiliki rasa jeruk ringan dengan sedikit sensasi. Bahan komposisinya adalah air, gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan rasa.

Dalam kunjungan ke Pocari mahasiswa/i dapat menambah wawasan mengenai pemrosesan produk  dan motto hidup, yakni terus mencoba meski gagal seribu bahkan berjuta kali.

D. IBS ( Indonesia Banking School )

Indonesia Banking School (IBS) merupakan Perguruan Tinggi yang memegang ijin resmi dari Dirjen Dikti dan didirikan pada tahun 2004. IBS menyelenggarakan pendidikan formal jenjang S1 dan S2. Untuk Strata 1 mempunyai dua Program Studi yakni Akuntansi dan Manajemen. Sedangkan untuk Strata 2 menyelenggarakan Program Magister Manajemen (MM). Untuk dua jenjang studi tersebut secara khusus memberikan derajat kesarjanaan (SE dan MM) khususnya bidang keuangan perbankan dan bisnis.
IBS didirikan oleh Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI), suatu yayasan yang didirikan dan dibina oleh BANK INDONESIA, yang bertanggungjawab untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia bidang Keuangan dan Perbankan di Indonesia. YPPI memiliki beberapa lembaga, antara lain Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). LPPI merupakan suatu lembaga pendidikan dan pelatihan bagi para pegawai di lembaga perbankan. Sudah puluhan tahun LPPI nyata menghasilkan kader perbankan nasional yang profesional mengelola bank-bank yang ada di Indonesia.

Kampus IBS dan LPPI berada pada kawasan yang sama di Kemang Raya 35 Jakarta Selatan. Untuk memungkinkan agar alumninya bisa langsung bekerja di lembaga perbankan, IBS telah bekerjasama dengan 20 bank umum konvensional dan syariah antara lain Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank BCA Syariah, Panin Syariah, Bank Danamon Indonesia, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Mega Syariah, BTPN Syariah, Bukopin, Bank DKI.
Untuk menghadapi terbentuknya pasar tunggal ASEAN (MEA) akhir tahun 2015, IBS telah mempersiapkan para mahasiswanya untuk lebih siap dalam bekerja, a.l:
1. Mengikuti magang di semester 7 (tujuh) selama 6 (enam) bulan di Bank-bank yang telah menandatangani MOU.
2. Mensyaratkan kelulusan dengan nilai TOEFL minimal 550, Sertifikasi General Banking I dan Manajemen Risiko.
3. Memantapkan wawasan kebangsaan agar lebih mencintai tanah airnya: Indonesia.

IBS didukung sepenuhnya oleh Otoritas Moneter (Bank Indonesia) dan Otoritas Jasa keuangan (OJK). Gubernur Bank Indonesia Bapak Perry Warjiyo SE, MSc, Ph.D sebagai Dewan Kurator IBS, sedangkan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso SE, MSc, Ph.D menjadi salah seorang anggota Honorable Faculty. Anggota lainnya adalah para mantan Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Syariah Nasional/Majelis Ulama Indonesia dan mantan Dirut Bank-bank BUMN.
Berikut adalah visi dan misi dari IBS :

VISI

Terwujudnya Banking School yang Unggul di ASEAN pada tahun 2025

MISI

1. Melalui tridarma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) STIE IBS dapat ikut serta mensejahterakan Bangsa Indonesia, menyampaikan kebenaran dan membawa rahmat bagi alam semesta.
2. Melalui tridarma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan penunjang lainnya) STIE IBS dapat mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sesuai dengan perkembangan.
3. Melalui tridarma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan penunjang lainnya) STIE IBS dapat menghasilkan lulusan yang berintegritas, memiliki keunggulan keilmuan keuangan dan perbankan, memiliki keterampilan dalam bidangnya, professional dan mandiri.

Kunjungan ke IBS dapat menambah wawasan mahasiswa/i mengenai kegiatan yang dilakukan oleh kampus ini.

E. Cimory

Cimory didirikan oleh Bambang Sutantio pada tahun 2004. Berawal dari keinginan pendiri untuk membantu peternak sapi perah di daerah Cisarua, Bogor. Harga susu segar yang saat itu masih rendah kurang tidak mendukung kesejahteraan hidup peternak. Terinspirasi dari kondisi tersebut, Bambang Sutantio mendirikan industri pengolahan untuk menampung susu segar yang dihasilkan para peternak dengan nama PT Cisarua Mountain Dairy atau disingkat dengan Cimory. Di samping itu, pendiri juga menjalin kerja sama dengan Koperasi Produsen Susu (KPS) Giri Tani.

Cimory menetapkan standar susu sebagai bahan baku demi menjaga kualitas produk. Inilah yang membuat peternak terpacu untuk menerapkan Good Faming Practices demi memenuhi kriteria industri. Demi meningkatkan kesejahteraan hidup peternak, Cimory berani membayar susu segar dengan harga yang lebih tinggi.
Sejak awal tahun 2006, Cimory memproduksi susu pasteurisasi dan mengembangkan produk turunan susu seperti yogurt drink, set yogurt, dan keju. Varian rasa yang disajikan Cimory dibuat untuk memenuhi beragam pilihan konsumen.

Visi Cimory
1. Menjadi perusahaan publik yang memproduksi dan
2. Mendistribusi makanan dan minuman berbasis protein  untuk seluruh masyarakat Indonesia.

3. Kunjungan Hari Ketiga (3 April 2019)

A. Floating Market

Floating Market Lembang yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Pasar terapung di Lembang ini bisa dikatakan merupakan satu-satunya pasar terapung yang terdapat di Bandung,bahkan di Jawa Barat.Berbeda dengan jenis pasar terapung yang ada di daerah lain di Indonesia yang menjadikan Sungai sebagai jalur transfortasinya,maka pasar terapung di Lembang ini menggunakan Situ atau danau sebagai pusat aktifitasnya.
Konsep Tempat Wisata Di Lembang ini adalah Desa dan Kampung Wisata yang mana menawarkan jenis wisata dengan latar alam khas pedesaan yang asri dan sejuk di sekitar Lembang yang memang dikenal sejuk udaranya dan indah pemandangan alamnya.Diresmikan operasionalnya mulai tanggal 12 Desember 2012,Floating Market kini menjadi wisata unggulan daerah Lembang.

Floating Market Lembang sendiri sebenarnya berada di atas air kawasan situ seluas 7 hektar yang ada di Lembang yang bernama Situ Umar dan situ Karang Putri.Keberadaan lokasi wisata ini selain berfungsi sebagai cagar wisata situ-situ bandung yang hampir punah dan habis karena banyak yang telah berubah fungsi menjadi areal perumahan serta perekonomian,juga kawasan wisata pasar apung lembang ini menjadi pemberdaya ekonomi masyarakat sekitar dan objek penyumbang pendapatan asli daerah [PAD] Bandung.

Sebagai pusat wisata kuliner dengan konsep wisata alam berupa danau,maka Floating Market Lembang juga memiliki beberapa fasilitas pendukung yang akan menjadikan kawasan wisata ini menjadi lebih beragam serta cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga yang terbaik. Berikut adalah fasilitas serta kegiatan yang bisa anda temukan dan gunakan selama berwisata di sini: Memberi makan ikan,angsa dan kelinci, Kano, Sampan, Perahu Kayuh, Sepeda Air, ATV, Flying Fox, Kebun petik strawberry, Kebun sayur organik, Restoran, Factory Outlet
Floating Market Lembang beralamat di Jalan Grand Hotel No 33 E Lembang Bandung Barat  40391- Jawa Barat Indoensia Tlpn (022) 2535898.

Jam Buka Floating Market Lembang.
Weekday [ Senin  Jumat ] : 09.00  17.00 Wib
Weekend [ Sabtu  Minggu  Libur ] : 09.00  20.00 Wib

Berkunjung ke Floating Market adalah hal yang menyenangkan. Selain refreshing juga bisa belajar, yakni inovasi dari cara berjualan. Penjual dapat menjual produknya di atas perahu dan dengan metode pembayaran yang cukup unik yakni menggunakan koin yang sebelumnya telah ditukar dengan uang sebagai alat transaksi pembelian.


4. Kunjungan Hari Keempat (4 April 2019)

A. Universitas Maranatha

Universitas Kristen Maranatha adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jawa Barat, Indonesia. Kampus Universitas Kristen Maranatha berlokasi strategis di kota Bandung, kota metropolitan terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Melewati setengah abad perjalanannya dengan misi mengembangkan cendekiawan yang andal, suasana kondusif, dan nilai-nilai hidup yang kristiani sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, Universitas Kristen Maranatha hingga kini telah menciptakan lebih dari 30 ribu alumni yang berkiprah dalam berbagai sektor pembangunan baik di dalam maupun di luar negeri. Kiprah nyata Universitas Kristen Maranatha bagi dunia pendidikan dan masyarakat luas terus menerus diperkuat dengan berbagai program kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintahan, kalangan industri, institusi kemasyarakatan, dan mitra-mitra kerja sama lainnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Sejarah panjang Universitas Kristen Maranatha dimulai pada tahun 1965 dengan didirikannya Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha, yang dirintis oleh Badan Pendidikan Kristen Komisi Pembantu Setempat dari Gereja Kristen Indonesia dan Badan Perguruan Tinggi dan Pendidikan Kristen dari Gereja Kristen Pasundan, atas anjuran Perkumpulan Intelegensia Kristen Indonesia cabang Bandung. Fakultas Kedokteran mengawali berdirinya Universitas Kristen Maranatha pada masa itu.
Gedung kampus pertama yang terletak di jalan Cihampelas, dibangun pada tahun 1970. Kemudian gedung kampus kedua mulai dibangun pada tahun 1983, berlokasi di jalan Surya Sumantri. Hingga saat ini, pengembangan sarana dan prasarana perkuliahan terus dilakukan di area kampus kedua dengan luas bangunan saat ini 130 ribu meter persegi, seiring dengan rencana pengembangan fisik di lokasi-lokasi strategis lainnya di kota Bandung.
Perintisan pada tanggal 11 September 1965 menjadi hari berdirinya Universitas Kristen Maranatha.

Kunjungan yang dilakukan di Universitas Maranatha menambah wawasan mahasiswa/i untuk mengenal kampus lain dengan berbagai kegiatan yang mampu meningkatkan kecerdasan maupun keterampilan mahasiswa/i.

B. Pusat Oleh-Oleh Kartika

Kartika Sari Bandung merupakan bisnis kue rumahan yang didirikan pada tahun 1970-an. Awalnya produk yang ditawarkan hanya berupa kue-kue sederhana seperti kue lapis, bolu kukus, serta berbagai kue rumahan lainnya. Hal tersebut akhirnya menyebar dari mulut ke mulut sehingga membuat Kartika Sari begitu terkenal sebagai tempat yang menjual oleh-oleh khas Bandung.

Setelah itu, bisnis kue rumahan ini mulai berkembang pada tahun 1984 dengan membuat label atau merek Kartika Sari. Selanjutnya banyak orang yang mulai mengenal bisnis kue rumahan dengan nama Kartika Sari ini. Bukan warga Bandung saja yang mengenalnya, namun di berbagai daerah lain.

Produk dari Kartika Sari Bandung yang menjadi salah satu produk andalannya adalah pisang bollen atau pisang molen. Produk yang menjadi andalan tersebut
terbuat dari pisang dan keju yang dibalut dengan adonan kulit pastry. Selain itu juga ada berbagai keripik, bolu dan lain-lain.




III. Penutup

A. Kesimpulan
1. Fieldtrip menjadi sarana belajar, berpikir kreatif dan inovatif serta berkarya wisata.
2. Setiap kegiatan yang dilakukan memiliki banyak manfaat yakni selain menambah wawasan juga dapat menambah pengalaman.




Daftar Pustaka

http://bino.co.id/brand.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pocari_Sweat
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Banking_School
https://www.google.com/amp/s/tempatwisatadibandung.info/floating-market-lembang/amp/#ampshare=https://tempatwisatadibandung.info/floating-market-lembang/
http://ibs.ac.id/tentang-ibs-2/
http://mh.mentormicrobank.org/smesco/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Kristen_Maranatha
https://alampriangan.com/oleh-oleh-khas-bandung-kartika-sari-bandung/


Berikut adalah videonya

Selamat Menonton



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mind Mapping

Review Jurnal MSDM

Komunikasi Organisasi